Saturday 13 February 2016

Nenek moyang Bangsa Indonesia



Nenek moyang Bangsa Indonesia

nenek moyang bangsa indonesia

1. Bangsa Melanesia atau Papua Melanosoid

Bangsa melanesia dianggap sebagai bangsa pertama yang bermigrasi ke Indonesia. Menurut pakar Arkeolog, bangsa ini berasal dari Teluk Tonkin. Fakta tentang asal bangsa ini didasarkan pada penelitian terhadap benda-benda peninggalan seperti pebble dan kapak pendek. Benda-benda tersebut ditemukan banyak di pegunungan Bacson di daerah Hoabinh. Oleh karena itu, bangsa Melanesia atau Papua Melanosiod terpengaruh kebudayaan Bacson-Hoabinh. Bangsa Melanesia termasuk dalam rumpun ras Negroid. Ciri-cirinya antara lain :
1. Kulit hitam
2. Badan kekar
3. Rambut keriting
4. Mulut lebar, dan
5. Hidung mancung
Keturunan Bangsa Melanesia saat ini masih dapat ditemukan di pedalaman Malaya, Filipina, dan Papua

2. Bangsa Melayu Tua (Proto Melayu)

Kedatangan bangsa melayu ke indonesia, diperkirakan terjadi tahun 2000 SM. Bangsa ini membawa kebudayaan yang lebih tinggi dari bangsa Melanesia. Bangsa Proto Melayu termasuk dalam rumpun ras Mongoloid dari daerah Yunan ( daerah dekat lembah sungai Yangtze). Proses Migrasi Bangsa Proto Melayu ke wilayah Asia Selatan disebabkan oleh faktor:
1. Peperangan antar suku
2. Desakan suku-suku liar yang datang dari Asia tengah
3. Bencana alam lainnya di wilayah Cina Selatan sering meluap
4. Ciri Bangsa Proto Melayu : kulit swo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang
5. Daerah persebaran bangsa proto melayu antara lain : Suku Toraja di Sulawesi Selatan, suku sasak di Lombok, suku Dayak di kalimantan Tengah, suku Nias di pantai barat Sumatera, suku Batak di Sumatera Utara, Suku Kubu di Sumatera Selatan

3. Bangsa Melayu Muda atau Deutro Melayu

Tahun 500 SM Bangsa Deutro Melayu datang ke Indonesia. Bangsa Deutro Melayu sebenarnya merupakan hasil percampuran antara bangsa Proto Melayu dan Bangsa Arya. Bangsa ini bersal dari wilayah Indo-Cina bagian utara. Ciri-cirinya : tinggi badan 135-10- cm. Kulit sawo matang, bentuk rambut ikal.

No comments:

Post a Comment